Friday 25 December 2015

Contoh Wawancara Pedagang Kaki Lima

LAPORAN
KEWIRAUSAHAAN



Nama Kelompok :
1.      Erliana
2.      Lanti Zita Nuryani

Guru Pembimbing
M. Munir Achyar,SE., M.Si

POLITEKNIK SAWUNGGALIH AJI KUTOARJO
Jl. Wismoaji 08 Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah Telp. (0275) 642466, 3140444
Faks. (0275) 642467 http://www.polsa.ac.id Email : info@polsa.ac.id
A.    Latar Belakang
Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan wawancara ini dengan lancar sebagaimana mestinya.
      Kegiatan wawancara ini merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Kewirausahaan yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari Narasumber. Kami di Beri topik “Wawancara Pedagang Kaki Lima” oleh karena itu kami mewawancarai salah satu pedagang Es Pelangi di dekat Alun-Alun Kutoarjo.
      Dengan terlaksananya kegiatan wawancara ini, maka kami berharap telah memenuhi tugas Mata Kuliah Kewirausahaan dan mendapatkan nilai yang baik. Serta bermanfaat bagi kami dan teman-teman sekalian.

B.     Maksud Dan Tujuan
1.      Memenuhi tugas Kuliah Kewirausahaan semester 1
2.      Meningkatkan solidaritas antar anggota kelompok
3.      Belajar untuk bekerjasama dan mengesampingkan ego
4.      Melatih mental dalam berbicara dengan orang lain yang lebih berpengalaman
5.      Melatih untuk disiplin dan tanggung jawab
6.      Memperoleh informasi secara langsung dari narasumber

C.    Topik Wawancara
Wawancara Pedagang Kaki Lima “Es Pelangi”

D.    Waktu Dan Tempat Kegiatan
Acara ini dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal : Kamis, 26 November 2015
Pukul               : 11.00 – Selesai
Tempat            : Alun-Alun Kutoarjo

E.     Laporan Hasil Wawancara
Narasumber : Nugroho Tri Sukmo
Pewawancara : Erliana
Juru Tulis : Lanti Zita Nuryani

Hasil Wawancara
Pada hari Kamis, 26 November 2015, pukul 11.00 WIB kami datang ke pedagang kaki lima yang berada di dekat Alun-Alun Kutoarjo. Tentu saja kami langsung bertemu dengan pedagang kaki lima tersebut dengan pemilik usaha Es Pelangi, yang bernama Mas Nugroho Tri Sukmo dan meminta izin untuk mewawancarainya.

Pertanyaan Pembuka dan Pertanyaan Isi Wawancara:
1.      Assalamualaikum selamat siang mas, mohon maaf kedatangan kami terasa mengganggu kegiatan mas. Kami diberi Tugas Kampus untuk mewawancarai pedagang kaki lima apakah mas berkenan kami wawancarai ?
Wassalamualaikum selamat siang juga adek-adek, iya tidak apa-apa dek saya berkenan untuk di wawancarai.
2.      Kenapa Anda terjun ke pedagang kaki lima?
Karena saya ingin menyenangkan anggota keluarga saya dan juga untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
3.      Apakah ada dorongan dari keluarga untuk terjun ke pedagang kaki lima?
Tidak ada dorongan sih tapi saya terjun ke pedagang lima melalui inisiatif saya sendiri dan juga keyakinan untuk berusahan kalau usaha saya pasti akan berhasil.
4.      Apa motivasi Anda menjadi pedagang kaki lima ?
Karena ingin memenuhi kebutuhan keluarga yang terus menerus yang harus dipenuhi.
5.       Apa motivasi yang Anda lakukan untuk menarik pelanggan ?
Untuk menarik pelanggan biasanya saya melayani pelanggan dengan ramah dan sopan.
6.      Apa yang Anda lakukan agar pelanggan merasa puas ?
Agar pelanggan merasa puas dan tidak kecewa maka saya memperhatikan kualitas bahan yang baik, memilih bahan yang benar-benar baik dan menjaga kebersihan bahan atau pun tempat usaha agar pelanggan yang datang tidak merasa jenuh ataupun jijik.
7.      Apa harapan Anda untuk masa depan ?
Saya memulai usaha yang cukup sederhana dan saya berharap usaha saya makin maju pesat seiring berjalannya waktu, semoga saya juga bisa membuka cabang cabang di daerah lain agar usaha ini makin berkembang dan maju.


8.      Berapa penghasilan Anda selama 1 hari ?
Penghasilan kotor saya selama 1 hari sekitar Rp. 500.000, buka jam 08.00 pagi sampai 17.00 sore WIB. Tapi juga tergantung al.ur ramai sepinya pelanggan dek.
9.      Apakah Anda sudah berumah tangga? Jika iya apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga ?
Alhamdulillah sudah. Ya cukup dengan penghasilan 500.000 menurut saya sudah lumayan untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya, menafkahi istri dan 1 anak saya yang masih berpendidikan SD. Saya setiap harinya juga bisa menyisihkan sedikit uang untuk ditabung demi keperluan masa yang akan datang.
10.  Terimakasih Anda Sudah bersedia untuk kami wawancarai dan maaf jika telah mengganggu kegiatan Anda
Iya tidak apa-apa, terimakasih juga.

F.       Penutup
1.      Kesimpulan :
Mas Nugroho Tri Sukma adalah pedagang Es Pelangi yang memulai usahanya memalui modal sendiri juga melalui inisiatif sendiri untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan menyenangkan anggota keluarga.
Berjualan dengan jujur juga memperhatikan kualitas bahan yang terjamin dan halal, bahan dan cara pengolahan yang bersih dan higienish dengan pelayanan terhadap pelanggan yang ramah dan sopan agar dapat menarik simpati pelanggan.
2.      Saran :
Berdagang itu harus jujur, menjamin kuatitas dan kuantitas agar tetap terjaga.

Kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan serta kekurangan dalam laporan pedagang kaki lima ini, selain untuk memenuhi tugas Kuliah Kewirausahaan, semoga hasil wawancara ini dapat menjadi acuan, pertimbangan serta motivasi dan koreksi bagi kegiatan wawancara selanjutnya.






2 comments: